Wednesday, July 12, 2006
RUMPUN BUGIS = termasuk dalam rumpun Melayu Muda

selama ini yang orang tahu dari Sulsel cuma ada empat suku, yaitu makassar, bugis, mandar dan toraja... ternyata masih banyak yang lain...

SUKU BENTONG = Suku Bentong tinggal di perbatasan Kabupaten Maros dan Bone, mereka mendiami daerah Bulo-Bulo, bagian dari wilayah Kecamatan Tenete Riaja. Kabupaten Barru, Propinsi Sulawesi Selatan.
SUKU BUGIS = Suku tersebut berpusat di Sulawesi Selatan. Suku ini mendiami sebelas Kabupaten, yaitu Kab. Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Sidenreng-Rappang, Powelai-Mamasa, Luwu, Pare-pare, Barru, Pangkajene, dan Maros.
SUKU CAMPALAGIAN = Nama lain dari suku ini adalah Tulumpanuae atau Tasing, dan biasa disebut oleh pemerintah suku Mandar. Namun mereka menyebut diri mereka orang Campalagian. Mereka tinggal di sekitar Kabupaten Majene, tepatnya di kota Campalagian dan Kab. Polewali-Mamasa (Polmas) serta di Kabupaten Mamuju sepanjang sungai Mandar.
SUKU DURI = Suku Duri terletak di pedalaman Sulawesi Selatan, mendiami wilayah Kabupaten Enrekang yang tersebar di lima kecamatan, yaitu Kec. Enrekang, Maiwa, Baraka, Anggareja dan Alia, yang berbatasan dengan Tanah Toraja. Mereka menggunakan bahasa dengan dialek khusus yaitu bahasa Duri.
SUKU ENREKANG = Suku Enrekang terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, kurang lebih 259 Km dari kota Ujung Pandang .
SUKU KONJO PEGUNUNGAN = Suku ini mendiami hampir seluruh Kabupaten Gowa. Gowa bekas kerajaan yang menjadi obyek wisata, terletak sekitar 30 km dari Ujung Pandang .
SUKU KONJO PESISIR = Suku Konjo tinggal di Kabupaten Bulukumbu, kurang lebih 209 km dari kota Ujung Pandang , Propinsi Sulawesi Selatan. Nama lain suku ini adalah Kajang - merupakan perkampungan tradisional khas suku Konjo.
SUKU LUWU = Suku Luwu tinggal di Kabupaten Luwu dan sekitarnya.

SUKU MAIWA = Suku Maiwa merupakan salah satu suku di Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang.
SUKU MAKASAR = Wilayah suku Makasar berada di Kabupaten Takalar Jeneponto, Bantaeng, Selayar, Maros dan Pakajene. Pada umumnya kehidupan orang Makasar dan orang Bugis berbaur, dengan penduduk terletak di pesisir pantai dan Teluk Bone, serta di sekitar Gunung Lompobatang.
SUKU MAMUJU = Mamuju terletak di tepi pantai timur Sulawesi , terbentang dari arah selatan ke utara. Suku ini dialiri oleh beberapa sungai, seperti Hua, Karamu, Lumu, Budung-Budung.
SUKU MANDAR = Suku Mandar terletak di Kabupaten Majene, Propinsi Sulawesi Selatan.
SUKU TOALA'/PANNEI = Sumpang Bita adalah obyek wisata gua yang terdapat di Kab. Pangkep, Sulsel. Pada dinding gua Sumpang Bita itu terdapat bekas gambar telapak tangan, dan telapak kaki manusia, perahu, rusa dan babi hutan. Mungkin unsur-unsur ini menunjukkan gaya hidup orang Toala/Pannei zaman dulu. Konon sejak 5000 tahun yang lampau merupakan tempat hidup nenek moyang suku Toala/Pannei.
SUKU ULUMANDA = Masyarakat Ulumanda berada di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Suku ini merupakan salah satu anak suku Bungku.

PS :

- Konon kabarnya Suku Bentong adalah keturunan putra Raja Bone yang kawin dengan putri Raja Ternate.

- Berbicara tentang Makassar maka adalah identik pula dengan suku Bugis yang serumpun. Istilah Bugis dan Makassar adalah istilah yang diciptakan oleh Belanda untuk memecah belah kedua etnis ini. (Wikipedia)

Semoga Bermanfaat

Wassalam
H.Muh. Nur Abdurrahman
 
Oleh Fitriyani Akib pada pukul 10:07 AM |


15 Tanggapan:


At 1:39 PM, Anonymous Anonymous

salam,(akhirnya bisa comment jugah...)
sedikit heran bercampur sedih,....hehhe
kenapa kodong Wajo ndak dimasukkan ke wilayah Suku BUGIS...padahal orang sudah paham mengenai Bosowa, la Maddukelleng, Kajaolalido, dll...

SUKU BUGIS = Suku tersebut berpusat di Sulawesi Selatan. Suku ini mendiami sebelas Kabupaten, yaitu Kab. Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Sidenreng-Rappang, Powelai-Mamasa, Luwu, Pare-pare, Barru, Pangkajene, dan Maros.

rusle
http://noertika.wordpress.com

 

At 1:57 PM, Anonymous yuni

sama dengan kak rusle... sedih banget nih .. kok wajo gak masuk di salah satu suku yg ada di Sulsel???

 

At 7:15 PM, Anonymous Elyas Hj Salleh

Salamualaikum...selamat berpuasa. Tahniah diucapkan kerana dapat saya mengenali bumi tanah tumpah orang tua saya,tanah ugik yang sentiasa di hati walaupon agak jauh di mata.Semoga Allah memberkathi usaha murni anda.
wasalam

ikhlas dari Elyas H Salleh, Johor,Malaysia

 

At 2:35 PM, Anonymous Heru - Bontang

Komen sedikit : suku duri tidak melulu tinggal dan mendiami pedalaman sulawesi selatan karena beberapa kota kecamatan seperti Kalosi, Cakke dan Sudu telah berbenah menjadi "kota kecil" karena arus perdagangan hasil bumi seperti sayur mayur marak di sini. Kecamatan ALLA (bukan Alia )berbatasan dengan kecamatan Mengkendek di Tana ( tanpa huruf H ) Toraja.

 

At 12:18 AM, Blogger fatimah

kalo suku pattinjo tu apa??

 

At 9:01 AM, Blogger The Affan'z Member

Alhamdulillah, keanekaragaman suku di tanah kelahiranku
Ada pertanyaan : Suku tertua di sul-sel suku apa ya??

 

At 4:40 PM, Blogger Marwah UwaCh

Orang BUGIS

 

At 1:55 AM, Blogger Andis Pattinjo

mana suku pattinjo

 

At 3:56 AM, Anonymous Orangbiasaji

ijin turut berpartisipasi sebagai Orangbiasaji ;)

Salam sukses un saudara-saudaraku (y)

 

At 11:08 PM, Anonymous Anonymous

Somba ri Gowa
mangkau ri Bone
pajung ri Luwu
matasak ri Sangalla/Toraya..


Adik bongsu itu adalah gowa manakala yang kakak itu adalah orang toraja..Orang toraja adalah suku tertua di sulstn......Bahasa bugis itu turunnya dari bahasa buton,bahasa buton turunya dari makkasar,bhs makkasar dari Luwu dan bhs luwu itu adalah bahasa toraja..googgle saja Bahasa toraja..Sawerigading yaitu “We Senggeng” berasal dari Tompotikka, ma’dara Takku, dan kalau ma’dara Takku berarti mempunyai turunan Toraja.

 

At 11:19 PM, Blogger Jerry'Simoncelli Darktimes

SEJAK KAPAN LUWU ADALAH SUKU BUGIS????PADAHAL ORG2 LUWU MEMAKAI BAHASA TORAJA TAE...

 

At 3:41 PM, Anonymous Anonymous

Terima kasih, semangat terus yah, perkenalkan sulawesi selatan ke mereka yang belum tahu. ekpos terus keunikan dan keragaman yang ada di sulawesi selatan

 

At 3:42 PM, Anonymous Tempat Jual Beli Online No 1 di Sulawesi

Terima kasih, semangat terus yah, perkenalkan sulawesi selatan ke mereka yang belum tahu. ekpos terus keunikan dan keragaman yang ada di sulawesi selatan

 

At 4:18 PM, Anonymous omay sulsel

kalau mau lihat suku pattinjo pegi saja di kabupaten pinrang,kecamatan lembang,desa ulu sadang ,

 

At 1:47 AM, Blogger SURYANANDA LAYONGA

ngawur aja